Kini Hadir Aplikasi PASAGI (Pasar Sumedang Go Online)

Kini Hadir Aplikasi PASAGI (Pasar Sumedang Go Online)

Sumedang. Siapa yang tidak kenal dengan Sumedang, salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu Tahu Sumedang. Kabupaten Sumedang sendiri memiliki 26 kecamatan yang terdiri dari 7 kelurahan dan 270 desa. Kabupaten yang memiliki luas wilayah 153.124 ha dan jumlah penduduk yang hampir mencapai 1 juta jiwa ini menyimpan banyak potensi sumber daya alam seperti potensi pada sektor pariwisata, kuliner, kerajinan tangan, pertanian dan kehutanan serta potensi lainnya yang dapat berkembang secara maksimal.

Baca Juga : Keuntungan Pembuatan Aplikasi Online Saat Pandemi

Pada bulan Maret lalu, virus corona yang berasal dari China mulai menyerang Indonesia. Virus menyebar dengan cepat ke beberapa provinsi dan daerah di Indonesia termasuk di Kabupaten Sumedang. Untuk menangani penyebaran virus corona di Sumedang, pemerintah dengan cepat melakukan penanganan dan memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dengan keluarnya aturan tersebut masyarakat sumedang tidak melakukan kegiatan yang mengundang kerumunan. Pemberlakukan PSBB ditujukan untuk mengurangi dan menghentikan laju penyebaran virus. Beberapa tempat umum harus ditutup kecuali sektor yang terkait dengan pertahanan keamanan, pelayanan kesehatan, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, keuangan dan perekonomian, logistik dan kebutuhan dasar lainnya tetap buka.

Pasar Sumedang merupakan salah satu sektor yang menyediakan kebutuhan pangan tetap buka tetapi dengan pengurangan jam operasional dan tetap masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan yaitu sosial distancing menjaga jarak 1 meter. Namun pada kenyataannya melakukan jaga jarak di pasar bukan hal mudah. Untuk mendukung aturan sosial distancing, diciptakannya aplikasi PASAGI (Pasar Sumedang Go Online) aplikasi ini ditujukan bagi masyarakat sumedang agar bisa berbelanja di pasar secara online.

Baca Juga : Pembuatan Aplikasi Mobile

Aplikasi PASAGI (Pasar Sumedang Go Online) menyediakan kebutuhan pangan seperti sembako beras, minyak, sayuran, bumbu dapur, makanan olahan, ikan dan daging. Semua yang ada di pasar sumedang sudah dapat dibeli lewat aplikasi. Masyarakat dapat membeli kebutuhan pokok dan belanjaan akan diantarkan oleh kurir ke rumah.

Adanya aplikasi PASAGI tentunya disambut antusias oleh masyarakat luas, setelah aplikasi dipublish pengguna aplikasi yang aktif mencapai sekitar 700 pengguna. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh adanya aplikasi pasar online ini dapat membantu pemerintah dalam melakukan PSBB.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Aplikasi 

Selain pasar sumedang, aplikasi PASAGI telah dikembangkan ulang dan bekerjasama dengan salah satu supermarket di Sumedang, agar masyarakat lebih mudah berbelanja dan menerapkan aturan dirumah aja. Aplikasi PASAGI (Pasar Sumedang Go Online) dapat di download di Playstore. Belanja anti ribet ya di PASAGI aja.

Mau bikin aplikasi juga ? Yuk Chat langsung dengan kami disini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *