Pembuatan Aplikasi Dinas. Dalam dunia kerja berbagai aktiftas dilakukan sesuai dengan tugas pokok maupun fungsi dari setiap bagian yang terlibat didalamnya. Menyoroti kegiatan pekerjaan diberbagai dinas mungkin kita pernah menemui beberapa kendala dan kekurangan yang memang dalam prosesnya menggunakan cara – cara yang sederhana seperti halnya melakukan kegiatan surat menyurat yang dahulu dilakukan dengan menggunakan mesin tik manual yang kini tergantikan dengan menggunakan perangkat komputer dengan bantuan software microsoft office maka kegiatan dokumentasi surat menyurat dapat dengan mudah dan cepat dikerjakan apalagi dilakukan dengan menggunakan bantuan teknik seperti mail merge sebagai suatu cara agar proses surat menyurat menjadi lebih cepat dan efektif. Selain kegiatan tersebut masih banyak kegiatan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam pemerintahan atau dinas pemerintah. 

Baca Juga : Aplikasi Dinas Perumahan Pertanahan

Dalam pemerintahan baik dari tingkat pusat, daerha maupun ranting dalam proses kerja dan juga pelayanan dalam kedinasan seiring perkembangan teknologi dan informasin yang mengharuskan pencapaian hasil dan pelaoran kinerja di tiap bagian dalam dinas dan pemerintahan maka diberlakukan penggunaan suatu sistem dan diaharuskan melakukan pembuatan aplikasi dinas seperti salah satunya website ataupun aplikasi yang digunakan untuk kegiatan perkantoran dalam kedinasan. Aplikasi yang dipakai diantarnya aplikasi kepegawaian yang digunakan untuk mendata seluruh pegawai mulai dari tingkat pimpinan sampai tingkat bawah yang berguna untuk mendata informasi para pegawai seperti lama kerja, jumlah gaji dan tunjangan maupun jenjang kepangkatan dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan atau kepala dinas.

Baca Juga : Sistem Informasi Penerangan Jalan

Aplikasi dinas lain yaitu yang digunakan untuk mendata kegiatan perjalanan dinas atau dikenal dengan Aplikasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD). Selian itu aplikasi lain yang diperuntukan untuk dinas dan pemerintahan diantaranya :

– Aplikasi PERIZINAN ONLINE / Aplikasi SIMTAP (Sistem Informasi Manajemen Satu Atap)

– Aplikasi Informasi Manajemen Barang dan Asset Daerah (SIMBADA)

– Aplikasi Sistem Informasi Eksekutif Daerah (SIEDA)

– Aplikasi MONITORING Pengadaan Barang Dan Jasa / Aplikasi eMONEV

– Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Satu Atap (SIMTAP)

– Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kependudukan (SIMDUK)

– Aplikasi e-ARCHIVE SIDAK (Sistem Informasi Dokumentasi dan Kearsipan)

– Aplikasi ANTRIAN CUSTOM / Aplikasi Antrian Kemenkes

– Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIMPEPEDA)

– Aplikasi TNDE (Tata Naskah Dinas Elektronik)

– Aplikasi SIMPEG (Software Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian

– Aplikasi E-ANGGARAN PEMERINTAHAN

– Aplikasi SIM SPD / SIM PERJADIN (Sistem Informasi Surat Perjalanan Dinas)

– Aplikasi SIAKAD (Software Aplikasi Sistem Informasi Akademik)

– Aplikasi SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan)

– Aplikasi SOPD (Sistem Online Pajak Daerah)

– Aplikasi Sistem Informasi Potensi Daerah (SIMPOTDA)

– Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIMPEPEDA)

– Aplikasi PERSEDIAAN BARANG

– Aplikasi MUTASI PEGAWAI ONLINE

– Aplikasi SIM – ASN (Sistem Informasi Manajemen – Aparatur Sipil Negara)

– Aplikasi PERENCANAAN PEMERINTAHAN

– Aplikasi Custom (Sesuai Kebutuhan)

E-Government System adalah suatu Aplikasi pemerintahan atau Dinas yang dirancang dan diwajibkan oleh pemerintah daerah dan kementrian untuk membantu kegiatan pekerjaan setiap dinas yang sudah diatur dalam UUD 1945.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *